AGAR TETAP SEMANGAT DALAM BERIKHTIAR MERAIH RIDHA ALLAH SWT



1.      HUSNUZHAN
Kita harus berhusnuzhan atau berbaik sangka kepada Allah Swt. Ingatlah bahwa semua yang kita alami ada hikmahnya. Dibalik semua itu, pasti ada perjalanan dan hikmah yang bisa diambil. Semua yang dialami hanyalah sebuah cobaan sekaligus sebagai bukti kecintaan Allah kepada kita.
2.      BERFIKIR TIDAK ADA KEGAGALAN
Kita harus berfikir bahwa tidak ada kegagalan yang abadi. Kegagalan yang kita alami janganlah dianggap sebagai sebuah kegagalan karena tidak ada kegagalan di dunia ini. Kita harus dapat mengubah yang dianggap kegagalan dengan berbuat hal-hal baru.
3.      MEMANTAPKAN TINDAKAN
Mantapkan tindakan dalam keadaan apapun. Kita tetap bisa memilih tindakan. Saat gagal, kita bisa memilih untuk ambruk, berteriak atau mengubah kebiasaan lama dan mencari jalan untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi.
4.      FLEKSIBEL dalam BERSIKAP
Kehidupan kita tidak selalu seperti yang diharapkan. Apabila kita dapat menyesuaikan diri dengan situasi yang baru, maka ketegangan akan berkurang.
5.      BERTINDAK KREATIF dan INOVATIF
Sebagai makhluk yang dikaruniai oleh akal dan pikiran, seyogianya jika selalu bertindak yang kreatif dan inovatif. Tanya pada diri sendiri, “kesempatan apa bagi saya disini? Jalan yang mana yang terbuka bagi saya?”.
6.      MERENUNGKAN SETIAP SITUASI
Pikirkan segala tidakan sebelum kita bertindak agar bisa mendapat pemecahan masalah yang terbaik.
7.      KEGAGALAN adalah PELUANG
Seharusnya, dari kegagalan kita bisa belajar banyak. Kita harus mempelajari penyebab kegagalan sekaligus cara mengatasi dan menyelesaikan sebuah kegagalan.
8.      MEMBANGKITKAN MINAT TERHADAP BERBAGAI HAL
Jika kita hanya mengerahkan seluruh energi untuk satu aspek dalam kehidupan, maka hal itu akan membuat kita hancur,  bila yang kita tekuni gagal. Minat yang beragam dan keterlibatan dalam berbagai kegiatan akan mengimbangi masalah yang  muncul pada area lain.
9.      POSITIVE THINKING
Kegagalan memang merupakan pengalaman yang menyakitkan. Akan tetapi, daripada memikirkan kerugian yang kita alami, lebih baik fokus pada segala hal yang telah kita pelajari.
10.  BELAJAR LEBIH BERTANGGUNG JAWAB     
Jangan salahkan orang lain apabila kita mengalami kegagalan, namun perhatikan baik-baik masalahnya, dan cobalah memahaminya. Tanyakan pada diri kita, bagaimana cara mengatasinya?.



11.  MENJAGA KESEIMBANGA HATI
Kegagalan dapat mempengaruhi kita secara emosional, yang berdampak terhadap tindakan kita. Oleh karna itu, sebelum dihadang kegagalan, mulailah berlatih untuk saling membantu dengan teman.
12.  MEMELIHARA SELERA HUMOR
Humor dan tertawa memang tidak akan segera memecahkan masalah, tetapi akan membantu kita melihat masalah secara perspektif. Hal itu bagaikan cahaya dalam kegelapan.

3 comments:

IBU BERDIMENSI SURGA

Dulu, pertanyaannya HANYA :  1. bagaimana kabarnya?... sekarang nambah, "lancar ibadahnya?" 2. bagaimana uang jajanny...